PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
OLEH :
RIDWANSYAH 3101 1301 2137
RIYA ANGELA 3101 1301 2099
YULITAE KIRANAE 3101 1301 2159
STMIK BANJARBARU |
2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada makalah ini kami memiliki sebuah tujuan dalam
pengambilan judul “PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT” ini. Makalah ini dimaksudkan
bagi para pembaca untuk lebih memahami bagaimana sistem INPUT DAN OUTPUT yang
ada di dalam perangkat komputer. Latar belakang kami mengambil judul ini
dikarenakan semakin cepatnya perkembangan teknologi di negara indonesia,
sehingga dibutuhkan banyak ilmu tentang teknologi komputer. Pengetahuan
computer sangat dibutuhkan di mana pun, tidak hanya sebagai pekerja namun
pelajarpun juga harus mengetahui sedikit banyaknya tentang komputer . Dengan
kita pelajari dan kita ambil hikmah yang kami kutipkan dalam makalah ini, kami
meminta bukan hanya memahami apa itu PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT tapi juga
mempelajari hal-hal yang ada di dalam computer. intisari dari makalah ini kami
mengharapkan latar belakang masalah yang diambil dapat sesuai dengan tuntutan
sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.
1.2 Tujuan
Dari tema dan judul yang telah saya pilih ini, tujuannya
untuk memaparkan kepada pembaca khusunya Mahasiswa STMIK BANJARBARU apa itu “PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT”.
1.3 Ringkasan Masalah
kami berharap makalah yang kami buat ini dapat memberikan
manfaat bagi kami dan pembaca. Semoga dengan mebaca makalah ini, kita
bersama-sama dapat mengetahui betapa pentingnya pengetahuan akan PERANGKAT
INPUT DAN OUTPUT dengan cara mempelajari dan mengambil pelajaran yang telah
kami bahas di atas.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Input
INFUT ialah (masukan) yaitu energi yang dimasukkan ke dalam
sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan
masukan sinyal (signal input). Umumnya data yang diperlukan adalah
sebagai masukan sistem yang diturunkan dari kebutuhan informasi.
Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data
tersebut merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh
komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk
hal ini, yang disebut dengan input device. Jika dianalogikan dengan manusia, manusia juga memiliki input device
ini, diantaranya adalah mata, telinga, syaraf-syaraf, dan lain-lain.
Masing-masing input device tentu berfungsi spesifik terhadap bagaimana
informasi tersebut dapat diterima oleh manusia. Misalnya mata, mata
digunakan sebagai input device untuk melihat, lalu data hasil
penglihatan tersebut dikirimkan ke otak untuk diproses lebih lanjut,
diabaikan atau informasinya disimpan di dalam ingatan.
Pada komputer, input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, (scanning devices) pembaca kode batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, mouse sebagai pointing devices, digitising devices, audio-input devices, assistive input devices, dan lain sebagainya . Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan
Pada komputer, input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, (scanning devices) pembaca kode batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, mouse sebagai pointing devices, digitising devices, audio-input devices, assistive input devices, dan lain sebagainya . Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan
Beberapa perangkat/peralatan input yaitu :
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data dengan komputer, keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file.
Ada beberapa jenis keyboard yaitu jenis keyboard Qwerty, Keyboard
Dvorak, keyboard Alfabetic. Umumnya keyboard yang kita gunakan sekarang
adalah jenis keyboard Qwerty.
Keyboard Qwerty yang umumnya digunakan memiliki 4 bagian yaitu :
Typewriter Key
Tombol utama dalam keyboard, yang terdiri atasa alfabet dan tombol
tombol lainnya : Backspace, Capslock, Delete, esc, end, enter, tab,
home, insert, page up dan page down yang masing masing memiliki fungsi
tersendiri.
Numeric Key
Tombol ini umumnya terletak disebelah kanan keyboard, Tombol ini terdiri
atas angka dan arrow key (tombol arah). Jika lampu indikator num lock
menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka.
Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini
terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari
program komputer yang digunakan.
Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan
mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan
keyboard, Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi
telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface), Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Touch Pad
biasanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook, cara menngunakannya
yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad, ada juga
bebarapa jenis lain yang cara penggunaannya hampir sama dengan touchpad
seperti Track ball, Pointing Stick.
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan
men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor
yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik.
Barcode Reader
Berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku
2.2 Pengertian Keyboard
Dengan perkembangan dunia teknologi kini mulai menyebar dan mengglobal
sampai penjuru dunia, tidak ketinggalan dengan komputer yang semakin
berkeembang dan keyboard juga tidak ketinggalan, kini yang paling baru
adalah keyboard proyeksi dan berbagai bentuk serta macam-macamnya, yang
simple dan elastis juga ada yaitu keyboard elastis dan bisa dilipat.
Keyboard adalah alat untuk menuliskan perintah melalui
aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah
tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU).
Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik,
perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan
perintah lainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik.
Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard.
Jadi keyboard merupakan penghubung antara manusia dan komputer.
Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.
*Expert Mouse®
*SlimBlade™ Trackball Mouse
*Orbit® Optical Trackball
*Shenzhen Baitong Industrial Co., Ltd.
*SZ KMY Co., Ltd.
*Shenzhen Sunson Financial Equipment Co., Ltd.
*Rixing Plastic Production Factory
Trackball pertama tahun 1978 dan digunakan untuk game pertarungan di Atari. Game pertama yang menggunakan Trackball adalah Atari Footbal Tahun 1995 trackball menjadi standar perangkat yang digunakan untuk menjalankan game
Gambar track ball
Pengertian Monitor – CRT
Pengertian Track Ball :
TRACKBALLPENGERTIAN TRACKBALL
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.FUNGSI TRACKBALL
Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.
CARA KERJA TRACKBALL
Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas badan trackball.JENIS TRACKBALL
*SlimBlade™ Trackball*Expert Mouse®
*SlimBlade™ Trackball Mouse
*Orbit® Optical Trackball
PRODUSEN TRACKBALL
*.China*Shenzhen Baitong Industrial Co., Ltd.
*SZ KMY Co., Ltd.
*Shenzhen Sunson Financial Equipment Co., Ltd.
*Rixing Plastic Production Factory
Trackball pertama tahun 1978 dan digunakan untuk game pertarungan di Atari. Game pertama yang menggunakan Trackball adalah Atari Footbal Tahun 1995 trackball menjadi standar perangkat yang digunakan untuk menjalankan game
Gambar track ball
2. 3 Pengertian Output
OTPUT (Keluaran) ialah perangkat keras komputer yang berfungsi
untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat
berupa hardcopy (ke kertas), softcopy (ke monitor), ataupun berupa
suara. Perangkat keras untuk output terdiri dari alat-alat yang berfungsi
menerjemahkan informasi yang diproses oleh komputer kedalam bentuk yang
bisa dimengerti manusia, misalnya tulisan cetak, suara, gambar, atau
video. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat
bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk
grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh
mesin (machine-readable form).
A. Macam-Macam Perangkat Keras Keluaran
Perangkat keras keluaran dilihat dari hasilnya terdiri dari tiga macam yaitu:
1.Hard-copy device
Hard-copy device yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan
image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya permanen dan
lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke
mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter,
dan alat microfilm.
2. Soft-copy device
Soft-copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan
image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video
display, flat panel, dan speaker.
3. Drive device
Drive device atau driver yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol
dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti
magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat
output dan juga sebagai alat input menggunakan media magnetic disk
misalnya adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape
adalah tape drive.
a. Perangkat Keras Keluaran Yang Menghasilkan Hard-Copy Device
Alat yang umum digunakan untuk menghasilkan hard-copy device adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
1. Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk
cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer
biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat
mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau
toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang
disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.
Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh
pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya
pembersihan atau cleaning pada print headnya.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri.
Jenis-jenis printer diantaranya:
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri.
Jenis-jenis printer diantaranya:
a. Impact Printer
yaitu printer yang membentuk karakter atau citra dengan menyentuh
pita tinta hingga ke kertas. Terdiri dari daisy wheel dan dot-matrix.
* Daisy Wheel Printer, yaitu impact printer yang mencetak citra dengan kualitas tinggi karena karakter dibentuk dengan tekanan tunggal oleh roda cetak. Hasil dari karakter yang tercetak mempunyai kualitas yang baik, sehingga printer ini digolongkan sebagai Letter Quality printer, tetapi mempunyai kelemahan yaitu lebih lambat dibandingkan dengan dot matrix printer. Tetapi sekarang ini jenis printer ini sudah jarang diproduksi sejak diperkenalkannya printer dot-matrix dan laser yang lebih baik dan murah.
* Dot-matrix Printer, yaitu printer yang mencetak citra dengan kepala cetak yang terdiri dari serangkaian palu kecil atau pin yang jumlahnya 9, 18, atau 24 pin. Printer ini Lebih fleksibel, lebih senyap dan lebih baik dari daisy wheel printer dan juga Lebih cepat dapat mencetak 150-300 karakter per detik selain itu printer ini juga dapat mencetak grafis. Kebaikan dari printer ini adalah dapat dicetak bermacam-macam bentuk yang dikehendaki karena image dihasilkan dari pola yang dibentuk dari titik-titik. Dengan menambahkan karbon yang mempunyai beberapa warna, maka dapat dicetak grafik didalam beberapa warna. Cetakan dengan kualitas karakter yang cukup baik dikenal dengan istilah NLQ (Near Letter Quality). Kelemahannya adalah kualitas karakter kurang baik, karena dibentuk dari titik-titik.
* Daisy Wheel Printer, yaitu impact printer yang mencetak citra dengan kualitas tinggi karena karakter dibentuk dengan tekanan tunggal oleh roda cetak. Hasil dari karakter yang tercetak mempunyai kualitas yang baik, sehingga printer ini digolongkan sebagai Letter Quality printer, tetapi mempunyai kelemahan yaitu lebih lambat dibandingkan dengan dot matrix printer. Tetapi sekarang ini jenis printer ini sudah jarang diproduksi sejak diperkenalkannya printer dot-matrix dan laser yang lebih baik dan murah.
* Dot-matrix Printer, yaitu printer yang mencetak citra dengan kepala cetak yang terdiri dari serangkaian palu kecil atau pin yang jumlahnya 9, 18, atau 24 pin. Printer ini Lebih fleksibel, lebih senyap dan lebih baik dari daisy wheel printer dan juga Lebih cepat dapat mencetak 150-300 karakter per detik selain itu printer ini juga dapat mencetak grafis. Kebaikan dari printer ini adalah dapat dicetak bermacam-macam bentuk yang dikehendaki karena image dihasilkan dari pola yang dibentuk dari titik-titik. Dengan menambahkan karbon yang mempunyai beberapa warna, maka dapat dicetak grafik didalam beberapa warna. Cetakan dengan kualitas karakter yang cukup baik dikenal dengan istilah NLQ (Near Letter Quality). Kelemahannya adalah kualitas karakter kurang baik, karena dibentuk dari titik-titik.
b. Line Printer
printer ini biasanya digunakan oleh komputer besar. Printer ini
mencetak baris demi baris, bukan karakter per karakter serta dapat
mencetak di atas 3.000 baris per menit.
Printer ini terdiri dari dua jenis, yaitu chain printer dan band printer.
* Chain Printer, yaitu mengunakan suatu rantai yang berisi karakter-karakter untuk membentuk hasil cetakannya. Rantai tersebut akan berputar secara horizaontal dan setelah tepat pada posisi pencetakan, palu pemukul akan mengetuk pola karakter di rantai melalui karbon, bentuk dari karakter akan tercetak di kertas. Chain printer mempunyai kecepatan yang tinggi.
* Band Printer, cara operasinya sama dengan chain printer, tetapi menggunakan pita besi (steel band) yang berisi kumpulan pola karakter.
Printer ini terdiri dari dua jenis, yaitu chain printer dan band printer.
* Chain Printer, yaitu mengunakan suatu rantai yang berisi karakter-karakter untuk membentuk hasil cetakannya. Rantai tersebut akan berputar secara horizaontal dan setelah tepat pada posisi pencetakan, palu pemukul akan mengetuk pola karakter di rantai melalui karbon, bentuk dari karakter akan tercetak di kertas. Chain printer mempunyai kecepatan yang tinggi.
* Band Printer, cara operasinya sama dengan chain printer, tetapi menggunakan pita besi (steel band) yang berisi kumpulan pola karakter.
c. Non-impact Printer,
yaitu printer yang membentuk karakter dan citra tanpa menyentuh
langsung secara fisik antara mekanisme pencetakan dan kertas. Printer
ini bekerja dengan cara menyemprot kertas dengan tinta. Kelemahan dari
jenis ini adalah tidak dapat membuat sekaligus rangkap hasil cetakan.
Printer init terdiri dari: laser (menggunakan drum dan toner), ink-jet (menyemburkan tinta) dan thermal (membakar dot ke kertas khusus).
*Laser Printer, yaitu non-impact printer yang membentuk citra pada suatu drum yang kemudian ditabur toner (tepung) tinta magnetik, dan kemudian ditransfer ke kertas. Printer ini memiliki kecepatan cetak 4-20 halaman per menit dengan komputer mikro, dan lebih dari 120 per menit pada komputer mainframe. Selain itu printer ini cepat, senyap, pemeliharaan rendah dan dapat mencetak grafis dengan berbagai jenis dan ukuran huruf.
* Ink-jet Printer, yaitu non-impact printer yang membentuk citra dengan menyemprotkan tetesan kecil tinta elektrik dari 4 pipa semprot melalui lobang bentuk matriks dengan kecepatan tinggi pada kertas. Kecepatannya sama dengan dot-matrix printer, tetapi lebih senyap dari laser printer dan dapat mencetak 120-240 karakter per menit, atau 1-4 halaman per menit.
- Thermal Printer, yaitu non-impact printer yang menggunakan panas untuk menghasilkan citra pada kertas khusus. Printer ini tidak menggunakan pita atau tinta. Printer dan kertasnya tergolong mahal sehingga jarang digunakan untuk pekerjaan yang memerlukan jumlah keluaran yang banyak.
Printer init terdiri dari: laser (menggunakan drum dan toner), ink-jet (menyemburkan tinta) dan thermal (membakar dot ke kertas khusus).
*Laser Printer, yaitu non-impact printer yang membentuk citra pada suatu drum yang kemudian ditabur toner (tepung) tinta magnetik, dan kemudian ditransfer ke kertas. Printer ini memiliki kecepatan cetak 4-20 halaman per menit dengan komputer mikro, dan lebih dari 120 per menit pada komputer mainframe. Selain itu printer ini cepat, senyap, pemeliharaan rendah dan dapat mencetak grafis dengan berbagai jenis dan ukuran huruf.
* Ink-jet Printer, yaitu non-impact printer yang membentuk citra dengan menyemprotkan tetesan kecil tinta elektrik dari 4 pipa semprot melalui lobang bentuk matriks dengan kecepatan tinggi pada kertas. Kecepatannya sama dengan dot-matrix printer, tetapi lebih senyap dari laser printer dan dapat mencetak 120-240 karakter per menit, atau 1-4 halaman per menit.
- Thermal Printer, yaitu non-impact printer yang menggunakan panas untuk menghasilkan citra pada kertas khusus. Printer ini tidak menggunakan pita atau tinta. Printer dan kertasnya tergolong mahal sehingga jarang digunakan untuk pekerjaan yang memerlukan jumlah keluaran yang banyak.
2. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak grafis dan desain yang kompleks dan
dengan berbagai warna pada kertas. Plotter menggunakan pena (pen
plotter) untuk membentuk gambar yang dicetak, tetapi ada juga plotter
yang menggunakan inkjet.
Plotter ada yang menggunakan drum (drum plotter) dan ada juga yang menggunakan meja datar (flat-bed plotter) untuk landasan kertasnya atau meja gulung (roller-bed plotter).
Bila drum digunakan, kertas diletakkan di atas drum yang akan berputar naik dan turun sesuai gambar yang dihasilkan. Bila digunakan meja datar, kertas yang diletakkan tidak bergerak tetapi sesuatu seperti tangan yang memegang pena yang mampu bergerak ke semua arah. Bila digunakan meja gulung, maka kertas yang diletakkan di atas meja tersebut dapat bergerak maju mundur.
Terdiri dari 3 jenis utama: Pen Plotter, Electrostatic Plotter, dan Thermal Plotter.
Plotter ada yang menggunakan drum (drum plotter) dan ada juga yang menggunakan meja datar (flat-bed plotter) untuk landasan kertasnya atau meja gulung (roller-bed plotter).
Bila drum digunakan, kertas diletakkan di atas drum yang akan berputar naik dan turun sesuai gambar yang dihasilkan. Bila digunakan meja datar, kertas yang diletakkan tidak bergerak tetapi sesuatu seperti tangan yang memegang pena yang mampu bergerak ke semua arah. Bila digunakan meja gulung, maka kertas yang diletakkan di atas meja tersebut dapat bergerak maju mundur.
Terdiri dari 3 jenis utama: Pen Plotter, Electrostatic Plotter, dan Thermal Plotter.
3. Microfilm
Untuk mengurangi jumlah dari kertas yang dihasilkan dari output
komputer, telah dikembangkan beberapa alat diantaranya adalah computer
output to microfilm atau disebut juga micrographics.
Hasil output yang dihasilkan oleh komputer dengan menggunakan COM akan diletakkan pada suatu media microfilm. Dibandingkan dengan output dalam media kertas, output dalam media microfilm akan mengurangi luas tempat pengarsipannya. Disamping itu, kecepatan dari COM lebih cepat dibandingkan dengan page printer.
Suatu microfilm berukuran 10 x 15 cm yang disebut dengan microfiche dapat menyimpan output sebanyak 98 – 1000 halaman output bila dicetak di kertas.
Hasil yang terekam di microfilm dapat juga dicetak di kertas atau ditampilkan di layar khusus, yaitu microfilm viewing stations. Kesulitan dari output yang ditampilkan adalah sewaktu mencari kembali suatu microfiche di gulungan microfilm. Tetapi sekarang dengan memakai sistem Computer Assisted Retrieval (CAR) pencarian suatu microfiche tertentu dapat dilakukan oleh komputer dengan cepat.
Alat lain yang berhubungan dengan COM adalah Computer Input Microfilm (CIM) yang digunakan untuk membaca kembali informasi yang tersimpan di microfilm ke komputer untuk pemrosesan selanjutnya.
Hasil output yang dihasilkan oleh komputer dengan menggunakan COM akan diletakkan pada suatu media microfilm. Dibandingkan dengan output dalam media kertas, output dalam media microfilm akan mengurangi luas tempat pengarsipannya. Disamping itu, kecepatan dari COM lebih cepat dibandingkan dengan page printer.
Suatu microfilm berukuran 10 x 15 cm yang disebut dengan microfiche dapat menyimpan output sebanyak 98 – 1000 halaman output bila dicetak di kertas.
Hasil yang terekam di microfilm dapat juga dicetak di kertas atau ditampilkan di layar khusus, yaitu microfilm viewing stations. Kesulitan dari output yang ditampilkan adalah sewaktu mencari kembali suatu microfiche di gulungan microfilm. Tetapi sekarang dengan memakai sistem Computer Assisted Retrieval (CAR) pencarian suatu microfiche tertentu dapat dilakukan oleh komputer dengan cepat.
Alat lain yang berhubungan dengan COM adalah Computer Input Microfilm (CIM) yang digunakan untuk membaca kembali informasi yang tersimpan di microfilm ke komputer untuk pemrosesan selanjutnya.
b. Perangkat Keras Keluaran Yang Menghasilkan Soft-Copy Device
Perangkat keras yang menghasilkan keluaran berupa soft-copy device, diantaranya:
1. Monitor
Monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang
berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini
monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:
*Monitor tabung layar cembung (CRT)
Layar CRT terbentuk dari pixel (picture elements). Semakin kecil dan
rapat pixel semakin jelas citra yang ditampilkan (resolusi). Pixel
diberi cahaya (illuminated) dibawah kontrol perangkat lunak oleh
electron gun untuk membentuk citra.
Monitor tabung layar cembung atau tabung sinar katoda (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20, dan merupakan dasar perkembangan dari layar plasma, LCD dan bentuk teknologi TV lainnya.
Versi paling awal CRT adalah sebuah dioda katoda-dingin, sebuah modifikasi dari tabung Crookes (lihat sinar-X) dengan layar dilapisi fosfor, kadangkala dipanggil tabung Braun. Versi pertama yang menggunakan kathoda panas dikembangkan oleh J.B. Johnson (yang merupakan asal istilah noise Johnson) dan H.W. Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada 1922.
Sinar katoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi yang dipancarkan dari katoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum.
Dalam tabung sinar katoda, elektron-elektron secara hati-hati diarahkan menjadi pancaran, dan pancaran ini di”defleksi” oleh medan magnetik untuk men”scan” permukaan di ujung pandan (anode), yang sebaris dengan bahan berfosfor (biasanya berdasar atas logam transisi atau rare earth. Ketika elektron menyentuh material pada layar ini, maka elektron akan menyebabkan timbul.
Monitor tabung layar cembung atau tabung sinar katoda (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20, dan merupakan dasar perkembangan dari layar plasma, LCD dan bentuk teknologi TV lainnya.
Versi paling awal CRT adalah sebuah dioda katoda-dingin, sebuah modifikasi dari tabung Crookes (lihat sinar-X) dengan layar dilapisi fosfor, kadangkala dipanggil tabung Braun. Versi pertama yang menggunakan kathoda panas dikembangkan oleh J.B. Johnson (yang merupakan asal istilah noise Johnson) dan H.W. Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada 1922.
Sinar katoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi yang dipancarkan dari katoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum.
Dalam tabung sinar katoda, elektron-elektron secara hati-hati diarahkan menjadi pancaran, dan pancaran ini di”defleksi” oleh medan magnetik untuk men”scan” permukaan di ujung pandan (anode), yang sebaris dengan bahan berfosfor (biasanya berdasar atas logam transisi atau rare earth. Ketika elektron menyentuh material pada layar ini, maka elektron akan menyebabkan timbul.
* Monitor LCD
Monitor ini lebih tipis, lebih ringan dan menggunakan lebih sedikit daya
listrik. Setiap pixel pada layar dikontrol oleh transistor
(active-matrix displays) atau seluruh baris dan kolom dikontrol oleh
satu transistor (passive-matrix displays).
Liquid Crystal Display (LCD) atau tampilan kristal cair adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer.
Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.
Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.
Liquid Crystal Display (LCD) atau tampilan kristal cair adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer.
Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.
Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.
* Monitor plasma
Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya
dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan
plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak
mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia
(neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama
sekali tidak berbahaya.
Tampilan plasma diciptakan di Universitas Illinois oleh Donald L. Bitzer dan H. Gene Slottow pada 1964 untuk Sistem Komputer PLATO. Panel monochrome orisinal (biasanya oranye atau hijau) menikmati penggunaan yang bertambah pada awal 1970-an karena tampilan ini kuat dan tidak membutuhkan sirkuit memori dan penyegaran. Namun diikuti oleh kurangnya penjualan yang dikarenakan perkembangan semikonduktor memori membuat tampilan CRT sangat murah pada akhir 1970-an. Dimulai dari dissertasi PhD Larry Weber dari Universitas Illinois pada 1975 yang berhasil membuat tampilan plasma berwarna, dan akhirnya berhasil mencapai tujuan tersebut pada 1995. Sekarang ini sangat terangnya dan sudut pandang lebar dari panel berwarna plamsa telah menyebabkan tampilan ini kembali mendapatkan kepopulerannya.
Tampilan plasma diciptakan di Universitas Illinois oleh Donald L. Bitzer dan H. Gene Slottow pada 1964 untuk Sistem Komputer PLATO. Panel monochrome orisinal (biasanya oranye atau hijau) menikmati penggunaan yang bertambah pada awal 1970-an karena tampilan ini kuat dan tidak membutuhkan sirkuit memori dan penyegaran. Namun diikuti oleh kurangnya penjualan yang dikarenakan perkembangan semikonduktor memori membuat tampilan CRT sangat murah pada akhir 1970-an. Dimulai dari dissertasi PhD Larry Weber dari Universitas Illinois pada 1975 yang berhasil membuat tampilan plasma berwarna, dan akhirnya berhasil mencapai tujuan tersebut pada 1995. Sekarang ini sangat terangnya dan sudut pandang lebar dari panel berwarna plamsa telah menyebabkan tampilan ini kembali mendapatkan kepopulerannya.
2. Speaker
Pengeras suara (Inggris loud speaker atau speaker saja) adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara)
dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Output suara manusia lewat speaker dapat digolongkan dalam speech coding yaitu suara manusia asli yang sudah direkamkan ke komputer dan speech synthesis yaitu output suara manusia yang dihasilkan dari ejaan dasar ucapan yang bukan dari suara manusia asli.
Output suara manusia lewat speaker dapat digolongkan dalam speech coding yaitu suara manusia asli yang sudah direkamkan ke komputer dan speech synthesis yaitu output suara manusia yang dihasilkan dari ejaan dasar ucapan yang bukan dari suara manusia asli.
3. Projector
Disebut juga dengan computer data projector untuk memproyeksikan tampilan di video display ke layar ukuran besar.
c. Perangkat Keras Keluaran Berupa Drive Device
Yaitu alat penggerak untuk membaca atau merekam data dari atau ke media
simpanan luar. Sehingga drive device biasanya berfungsi ganda sebagai
alat input dan alat output.
Drive device terdiri dari :
Drive device terdiri dari :
* Disk Drive,
disebut juga sebagai magnetic disk unit sebagai penggerak
media disk. Mempunyai beberapa ukuran yaitu harddisk (cakram keras) 14
dan 8 inci dan disk drive berukuran 8, 5 ¼ dan 3 ½ inci.
* Tape Drive,
disebut juga sebagai magnetic tape unit sebagai penggerak
media tape mempunyai read/write head yang dapat membaca atau merekamkan
data ke/dari pita magnetik. Magnetic tape dapat bekerja dengan kecepatan
yang tinggi.
2.4 Pengertian Monitor (LCD)
Pengertian Monitor LCD, LED, CRT & Perbedaannya
Secara mendasar pengertian monitor baik untuk keperluan umum maupun komputer adalah sama. Bagian yang membedakan adalah pada bagian kabel penghubung.
Pengertian Monitor – CRT
Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
merupakan monitor generasi kedua dari monitor komputer yang merupakan
generasi pertama dari monitor komputer pada jaman modern. Saat ini minat
terhadap monitor CRT sudah mulai ditinggalkan meskipun monitor CRT
tetap diproduksi. Alasan mengapa pengguna mulai meninggalkan monitor CRT
adalah dikarenakan oleh bentuknya yang besar dan berat sehingga
memerlukan ruang ekstra untuk menempatkan monitor ini. Pengertian monitor CRT secara umum adalah ‘monitor cembung’ atau ‘monitor tabung’
Monitor ini menggunakan teknologi radiasi magnetic serta electromagnetic yang
cenderung merusak mata juga melelahkan mata jika bekerja terlalu lama
didepannya. Pada hasil penelitian juga menyebutkan pengguna yang
cenderung terlalu lama bekerja didepan monitor jenis ini akan
mempercepat penuaan secara fisik karena dapat memicu pertumbuhan uban
menjadi lebih cepat akibat radiasi yang ditimbulkan olehnya.
Kelebihan Monitor CRT
- Harga relatif lebih murah
Kekurangan Monitor CRT
- Konsumsi listrik yang lebih besar
- Merusak mata
- Sinar radiasi yang berakibat kurang baik untuk manusia, baik otak, mata dan sel rambut
Monitor LCD
Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
menggunakan teknologi yang disebut dengan ‘kristal cair’ sebagai
penghasil gambar monitor. Kelebihan monitor LCD adalah minimnya konsumsi
energi yang digunakan juga memiliki kontras gambar yang lebih tajam
dibandingkan dengan CRT. Pengertian monitor LCD
merujuk kepada penggunaan varian pixels (titik warna cahaya) yang tidak
memancarkan cahayanya sendiri seperti halnya monitor CRT. Pada
teknologi LCD sumber cahaya berasal dari lampu neon berwarna putih yang
tersusun secara merata pada bagian belakang susunan pixel (kristal cair)
tadi yang jumlahnya mencapai jutaan piksel hingga membentu sebuah
gambar.Kutub kristal cair yang dilewati oleh arus listrik akan berubah
karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya
akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya
tersaring.
Kelebihan Monitor LCD
- Kualitas gambar lebih jernih dan tajam
- Sinar yang dipancarkan oleh LCD tidak melelahkan mata
- Konsumsi listrik lebih hemat
- Dimensi yang tipis dan ringan
Kekurangan Monitor LCD
- Layar LCD cenderung lebih sensitif
Pengertian Monitor – LED
Monitor LED (Light Emitting Diode)
memiliki teknologi yang sama dengan LCD. Perbedaan secara fisik pada
LED komputer umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping / tipis.
Pada beberapa tipe LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap
dibandingkan LCD, seperti kemampuan digital touch screen, Digital TV
internet, Digital TV tuner. Sedangkan perbedaan secara umum antara LED
dan LCD hanya terletak pada sistem pencahayaannya yang menggunakan
teknologi LED backlight. Berbeda dengan LCD yang menggunakan CCFL Backlight (lampu
neon berjenis fluorescent), monitor LED mampu menghemat konsumsi
listrik hingga 50 – 70% dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan
menghasilkan gambar yang sangat tajam.
Kelebihan Monitor LED
- Konsumsi listrik yang lebih hemat dibandingkan dengan LCD
- Kontras gambar yang sangat tajam hingga jutaan pixels
- Usia pemakaian LED lebih pajang
- Dimensi monitor yang sangat tipis
- Pencahayaan lebih baik dibandingkan LCD
Kekurangan Monitor LED
- Harga lebih mahal dibandingkan LCD
- Layar LED yang lebih tipis cenderung lebih sensitif
Pengertian Monitor – Plasma
Untuk saat ini
hampir tak ada orang yang menggunakan plasma untuk keperluan bermain
komputer, meskipun hal tersebut masih memungkinkan dengan menggunakan
sambungan kabel VGA. Oleh karena itu kita sebut saja dengan istilah TV
Plasma dikarenakan oleh ukuran dari Plasma sendiri yang kurang cocok
lagi disebut sebagai monitor
Di Indonesia
sendiri, TV Plasma masih hanya dimiliki oleh segelintir orang saja.
Penyebab utamanya adalah ukuran dimensi plasma yang sangat besar dengan
ukuran mencapai 42″ bahkan lebih. Harga unit untuk televisi ini mencapai
20 – 40 juta rupiah. Teknologi TV Plasma menggunakan crystal Plasma sebagai
penghasil gambar sehingga cukup menguras konsumsi listrik. Keunggulan
TV Plasma adalah kemampuan untuk menghasilkan kontras warna dan gambar
yang sangat detil dan tajam.
Selain TV Plasma
masih terdapat TV yang menggunakan teknologi 3D yang memerlukan kacamata
khusus untuk menikmati gambarnya. Penjelasan mengenai TV 3D ini akan ditulis pada tulisan lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://t1nez.blogspot.com/2009/02/pengenalan-sistem-komputer-hardware.html.
08-10-2009 . 14.37
http://jazilun.niam.students-blog.undip.ac.id/2009/06/11/perangkat-keras-untuk-output-kartu-suara-kartu-video-monitor-speaker-dan-printer/
. 08-10-2009. 14.28
http://www.freewebs.com/smpkstellamaris/GAMBAR%20PERANGKAT%20KERAS.ppt.
07-10-2009. 15.24.
http://blog.uad.ac.id/kartikaf/files/2008/12/e-i-plotter.ppt.
07-10-2009. 15.27
http://www.freewebs.com/smpkstellamaris/GAMBAR%20PERANGKAT%20KERAS.ppt.
09-10-2009. 12.57.
kuliah%255B4%255D.doc+microfilm+merupakan&cd=8&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a.
08-10-2009. 16.02
0 komentar:
Posting Komentar